Info Kesehatan

5 Gejala Gula Darah Naik yang Wajib Diketahui

5-Gejala-Gula-Darah-Naik-yang-Wajib-Diketahui

Dewasa ini, penyakit diabetes menjadi salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami oleh berbagai kalangan. Salah satu pemicu terjadinya serangan penyakit diabetes adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Pengonsumsian makanan dengan kalori tinggi dan juga gula tinggi akan memicu terjadinya masalah obesitas. Ketika Anda mengalami masalah berat badan berlebih maka risiko serangan diabetes bisa menghantui diri Anda. Indikasi khusus dari kasus diabetes adalah tingginya kadar gula yang melebihi batas normal.

Namun, sebenarnya naiknya kadar gula darah di dalam tubuh itu tidak hanya disebabkan dari pengonsumsian gula secara berlebih. Tetapi ketika pankreas tak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup maka diabetes akan menyerang.

Terdapat beberapa gejala gula darah naik yang perlu diketahui oleh setiap orang. Pasalnya, peningkatan kadar gula hingga melebihi batas normal itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Seseorang bisa dikatakan sebagai pengidap diabetes ketika jumlah kadar gula darahnya melebihi batas normal. Diabetes, merupakan penyakit yang bisa menimbulkan masalah komplikasi.

Oleh sebab itu setiap orang harus mengetahui tanda terserangnya penyakit ini. Apalagi penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, jadi tidak hanya mereka yang berisiko terhadap penyakit ini saja namun semua kalangan dari berbagai usia bisa terserang penyakit diabetes.

Pada dasarnya, penyakit diabetes ini akan muncul ketika seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan. Sehingga jumlah kadar gula di dalam darah melebih batas normal dan akhirnya insulin tidak mampu bekerja secara normal.

Ketika hal ini terjadi dalam waktu berkepanjangan maka penderita akan drop secara tiba-tiba. Dengan demikian Anda wajib mengetahui gejala diabetes supaya tidak terlambat dalam mengatasi penyakit ini.

  1. Berat badan turun tanpa sebab

Berat badan turun tanpa sebab, menjadi salah satu gejala awal terserangnya diabetes. Biasanya ini dialami oleh penderita diabetes kering.

Hal ini disebabkan karena tubuh tidak menggunakan glukosa dengan baik serta lemak akan berubah menjadi energi dan akibatnya semakin hari tubuh akan semakin kurus.

Jangan merasa senang dulu tubuh Anda bisa lebih langsing tetapi tidak melakukan diet. Karena ini merupakan indikasi khusus yang membahayakan diri Anda sendiri. Jadi, segera lakukan tes gula darah ketika Anda mengalami penurunan berat badan tanpa adanya sebab yang jelas.

  1. Buang air kecil dalam waktu sering

Terlalu sering buah air kecil, juga menjadi gejala yang perlu diketahui. Jadi jangan mengira anda kebanyakan minum sehingga bisa kencing dalam waktu lebih sering.

Hal ini disebut dengan polliuria dimana, kondisi glukosa didalam darah mengganggu proses filtrasi di dalam organ ginjal. Jadi, ketika Anda tidak mengonsumsi air dalam jumlah banyak tetapi mengalami buang air kecil lebih sering dari biasanya. Salah satu gejala yang harus dikenali adalah kencing lebih sering bahkan bisa 25 kali dalam satu hari.

  1. Mudah merasa haus meskipun tidak beraktivitas berat

Sering merasa haus berlebihan meskipun tidak melakukan pekerjaan berat menjadi indikasi dari penyakit gula darah. Hal ini disebabkan karena tubuh kehilangan cairan akibat kencing terlalu sering. Jadi, ketika Anda mengalami kencing dalam waktu lebih sering akan merasakan haus secara berlebihan.

  1. Mata menjadi kabur

Penglihatan menjadi rabun, karena glukosa yang meningkat mulai menutupi lensa mata menjadi tidak fokus dalam melihat. Kekaburan mata ini terjadi secara tiba-tiba jadi ketika glukosa mulai meningkat akan menutupi lensa mata sehingga Anda tidak bisa melihat secara jelas jika tidak menggunakan bantuan kacamata.

  1. Merasa lebih mudah lelah

Mudah lelah, ketika tidak melakukan banyak aktifitas perlu diwaspadai karena ini merupakan gejala tubuh terserang diabetes. Jadi, ketika tubuh mudah lemas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Gejala gula darah naik yang dijelaskan di atas menjadi hal penting dan perlu anda pahami untuk memastikan tubuh sehat anda terbebas dari serangan diabetes.

Sementara, bagi anda yang mengalami beberapa gejala tersebut segera lakukan tes darah untuk memastikan kondisi tubuh apakah terserang diabetes atau tidak. Jadi, harus waspada dalam mengenali hal tidak biasa yang muncul secara tiba-tiba.