Kebutuhan Diet dan Nutrisi Penderita Asam Lambung

Ketika terjadinya gejala asam lambung, cairan dalam lambung (asam lambung) bergerak ke arah sebaliknya, yaitu ke kerongkongan. Otot berbentuk lingkaran, yaitu sfingter esofagus normalnya mengendur ketika ada makanan yang masuk ke lambung dan sebaliknya akan menutup apabila makanan telah masuk. Namun, karena otot tersebut sedang mengalami gangguan asam lambung kembali ke kerongkongan.

Kebutuhan Diet dan Nutrisi Penderita Asam Lambung
Makanan pemicu gejala asam lambung
Makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi jumlah asam lambung yang akan dihasilkan. Menerapkan aturan makan yang baik (diet) dan memenuhi nutrisi seimbang adalah hal yang harus dipertimbangkan untuk mereka yang menderita asam lambung, baik yang parah atau kronis.

Menyesuaikan Diet Bagi Penderita Asam Lambung

Kebanyakan kasus asam lambung yang ditemukan, makanan tertentu dapat memicu gejala. Makanan tersebut bisa mengiritasi kerongkongan. Otot sfingter esofagus juga dapat bermasalah, karena makanan tersebut. Mengetahui dan menghindari makanan yang membuat gejala asam lambung memburuk bisa membantu penderita asam lambung.

Setiap penderita memiliki makanan tertentu yang dapat memicu gejala asma lambung. Jadi, tidak ada diet tunggal yang dapat mencegah gejala. Untuk mengetahui makanan pemicu tersebut, mungkin hal ini bisa membantu, yaitu selalu mencatat makanan yang masuk setiap harinya. Caranya catat:
  • Makanan apa yang masuk?
  • Pada jam berapa makanan masuk?
  • Dan apa gejala yang dialami?
Lakukan kegiatan tersebut selama seminggu, selalu catat makanan dan minuman yang masuk walaupun sedang berpergian jauh. Lalu identifikasi catatan tersebut, mana saja makanan dan minuman yang bisa timbulkan gejala asma lambung.

Makanan Yang Bisa Membantuk Mengurangi Gejala

Tidak ada metode diet yang terbukti bisa mencegah asam lambung. Namun, makanan tertentu bisa membantu kurangi gejala asam lambung.

Selalu berkonsultasi ke dokter tentang makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tanyakan makanan apa yang bisa tingkatkan gejala asam lambung. Berikut makanan yang bisa membantu mengurangi gejala asam lambung.

Probiotik
Probiotik merupakan bakteri yang bisa memberikan efek positif untuk kesehatan tubuh. Bakteri tersebut biasanya ditemukan dalam yogurt. Menurut Mayo Clinic, mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik bisa membantu pencernaan. Dan juga dapat mencegah beragam bakteri merugikan masuk.

Studi awal mengenai probiotik menunjukan bahwa bakteri tersebut mambatu mengobati masalah pencernaan tertentu, misalnya:
  • Diare
  • Sindrom iritasi usus besar
  • Infeksi usus
Sampai saat ini tidak ada penelitian tentang bagaimana probiotik bisa pengaruhi gejala asam lambung, namun beberapa orang meyakini probiotik bisa membantu.

Serat
Penelitian menunjukan, peningkatan serta dalam tubuh, baik itu asupan serat dari sayuran atau buah-buahan mampu melindungi sistem pencernaan, termasuk dari asam lambung. Para ilmuwan belum bisa menentukan secara pasti berapa ukuran serat yang bisa cegah gejala asam lambung. Namun, meningkatkan serat ketika makanan adalah hal yang umum untuk dilakukan.

Makanan Yang Biasanya Memicu Asam Lambung

Tidak sedikit dokter yang memperdebatkan makanan yang benar-benar menyebabkan gejala asam lambung. Namun, makanan tertentu dibawah ini telah terbukti sebabkan gejala asam lambung.

Makanan tinggi lemak
Makanan hasil proses penggorengan bisa sebabkan Otot sfingter esofagus (LES) untuk berelaksasi atau melonggar, sehingga asam lambung bisa kembali ke kerongkongan. Mengurangi asupan lemak bisa membantu mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung, misalnya:

Buah-buah tertentu
Buah-buah memang sangat bagus untuk diet. Namun, buah-buahan tertentu bisa sebabkan gejala asam lambung, bahkan memperburuk. Khususnya buah-buahan asam tinggi lebih mungkin untuk bisa memperburuk gejala asam lambung. Hindari buah-buah berikut:

  • Jeruk
  • Jeruk bali
  • Lemon
  • Jeruk nipis
  • Nanas
  • Tomat


Cokelat
Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine. Dari hasil penelitian bahwa coklat bisa mengendurkan otot polos pada LES, dan hal tersebut bisa timbulkan gejala asam lambung.

Makanan pedas
Gejala asam lambung bisa dipicu oleh makanan pedas. Dan itu termasuk semua jenis bawang.

Semua makanan yang telah disebutkan diatas mungkin tidak dapat memicu asam lambung untuk semua penderita. Jadi, lakukan indentifikasi terhadapat semua makanan yang dimakan, untuk mengetahui jenis makanan apa yang bisa sebabakan asam lambung.

Sumber: www.healthline.com/health/gerd/diet-nutritionwww.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd
Sumber gambar: pixabay.com

0 Response to "Kebutuhan Diet dan Nutrisi Penderita Asam Lambung"

Poskan Komentar