Benarkah Stres Bisa Sebabkan Asam Lambung?

Asam lambung kembali berulah pada momen-momen yang sangat penting merupakan hal yang paling menjengkelkan, misalnya ketika melakukan pekerjaan atau aktivitas lainnya. Walaupun kebanyakan penderita asam lambung mungkin telah lama meninggalkan makan dan minuman pemicu asam lambung. Disadari tidak disadari aktivitas atau momen yang menekan bisa memicu tingkat asam lambung.

Stres Bisa Sebabkan Asam Lambung
Ilustrasi seorang pria sedang stres
Menurut beberapa survei dan penelitian, besar kemungkinan stres bisa menjadi pemicu meningkatnya asam lambung. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara efektif untuk mengatasinya.

Hubungan Stres dengan Asam Lambung

Faktor gaya hidup dapat memainkan peran dalam mempengaruhi penyakit seseorang. Sebuah studi di Norwegia pada tahun 2010, melakukan survei kesehatan yang melibatkan 40.000 orang dan mendapatkan laporan secara signifikan bahwa stres yang berhubungan dengan pekerjaan lebih berisiko alami gejala asam lambung. Mereka yang memiliki kepuasan kerja lebih rendah besar kemungkinan memiliki asam lambung, dan berbanding terbalik dengan mereka yang memiliki kepuasan tinggi dalam bekerja.

Studi terbaru juga dilakukan di Jepang oleh Fakultas Kedoktertan Kawasaki, yang hasilnya diterbitkan di NCBI, mereka melakukan wawancara terhadap 12.653 orang penderita asam lambung, dan mendapat laporan bahwa hampir setengah dari mereka stres yang bisa memperburuk gejala asam lambung.

Apakah Stres Bisa Memperparah Asam Lambung?

Jawab pertanyaan tersebut masih diperdebatkan. Saat ini, banyak ilmuwan percaya bahwa ketika sedang stres tubuh menjadi lebih sensitif terhadapat asam lambung dengan jumlah sedikit yang mendekati esofagus. Penelitian dilakukan pada tahun 1993 yang dipublikasikan di American Journal of Gastroenterology, menghasilkan bahwa penderita asam lambung yang stres dan selalu cemas memiliki gejala yang lebih menyakitkan.

Cara Mengatasi Stres

Pengelolan tubuh terhadap stres di dalam kehidupan bisa membantu mengurangi risiko terjadinya asam lambung kambuh dan penyakit lainnya.

Lakukan olahraga. Kegiatan menggerakan tubuh membantu mengendurkan otot-otot yang tegang, sehingga jauh dari lingkungan stres dan juga bisa melepaskan hormon yang bisa membuat tubuh merasa lebih baik. Olahraga juga bisa membantu menurunkan berat badan, yang dapat membantu mengurangi tekanan pada organ lambung.

Perhatikan makanan yang masuk. Ini sangat penting ketika tubuh sedang stres, yang mana tubuh akan cenderung lebih sensitif terhadap makanan pemicu asam lambung, seperti buah jeruk, cokelat, kafein, makanan pedas, tomat dan makanan berlemak.

Tidur yang cukup. Tidur bisa meredam stres secara alami. Hindari gejala asam lambung dengan beristirahat.

Lakukan relaksasi. Coba lakukan apapun yang bisa membuat pikiran tenang, manusia modern sekarang biasanya melakukan yoga dan mendengarkan musik. Biasakan untuk membantu orang lain, ini bisa membuat pikiran bahagia.

Tertawa. Menonton atau mendengarkan hal lucu yang bisa membuat tertawa bisa menjadi salah satu penghilang stres alami terbaik.

Lakukan pemijatan. Secara fisik relaksasi dengan pijatan bisa membuat otot-otot santai dan mendorong pikiran untuk tenang.

Sumber: www.healthline.com
Sumber gambar: flickr.com

0 Response to "Benarkah Stres Bisa Sebabkan Asam Lambung?"

Poskan Komentar